Wednesday 1 January 2014

Mengenai Habib Syech As Seggaff

 

Habib Syech bin Abdul Qodir bin Abdurrahman Assegaf . Beliau adalah tokoh Alim dan Imam Masjid Assegaf yang berada di Pasar Kliwon kota Solo. Berawal dari Pendidikan dari guru besarnya sekaligus Ayahanda, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mendalami Ilmu agama berlanjut ke paman beliau Alm. Habib Ahmad bin Abdurrahman Assegaf yang datang dari Hadramaut. Habib Syech juga mendapat pendidikan, dukungan penuh dan perhatian dari Alm. Al-Imam Al-Arifbillah, Al-Habib Anis bin Alwiy Al-Habsyi "Imam Masjid Riyadh dan pemegang magom Al-Habsyi". Berawal dari dukungan beliau, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mensyiarkan sekaligus mengumandangkan Sholawat Nabi yang berawal di kota Solo. Dengan penuh keyakinan dan niat lillahi ta'ala, perkembangan syi'ar sholawat beliau sampai saat ini semakin pesat. Namun hal ini juga tak terlepas dari peran serta Majelis Ahbabul Musthofa.

Majelis Ahbabul Musthofa sendiri berdiri sekitar tahun 1998 di kota Solo, tepatnya di kampung Mertodranan. Berawal dari majelis Rotibul Haddad dan Burdah serta maulid Simthut Duror, Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf memulai langkahnya untuk mengajak ummat dan dirinya dalam membesarkan rasa cinta kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW melalui lantunan sholawat.

Perjalanan hidup Habib kelahiran Solo, 20 September 1961, ini cukup berliku. Beliau pernah jaya sebagai pedagang tapi kemudian bangkrut. Di saat sulit itu, justru Sang Habib tampil melakukan dakwah menggunakan "kereta angin" ke pelosok-pelosok untuk melaksanakan tugas dari sang guru, almarhum Habib Anis bin Alwi Alhabsyi, imam masjid Riyadh, Gurawan, Solo. Pada saat itu Habib Syekh bin Abdul Qadir Asseggaf juga sering diejek sebagai orang yang tidak punya pekerjaan dan habib jadi-jadian. Namun Habib Syekh tidak pernah marah atau mendendam kepada orang yang mengejeknya. Justru sebaliknya, beliau tetap tersenyum dan terkadang berderma (memberi sesuatu) kepada orang tersebut.

Habib Syech bersama putranya Yik Thoha bin Syech
Habib Syech bersama putranya Yik Thoha bin Syech
Meski berdakwah dalam kondisi yang serba "pas-pasan", tidak jarang Sang Habib pun tetap mengusahakan membawa nasi bungkus, untuk dibagi-bagikan kepada jamaahnya di pelosok-pelosok kampung. Taklimnya saat awal-awal adalah dari kampung ke kampung di seputaran Solo dan Jawa Tengah, serta terkadang juga diselenggarakan di daerah Kebagusan. Kini dakwah Sang Habib tidak hanya bisa dinikmati oleh segelintir penduduk kampung saja, tapi sudah meluas ke berbagai daerah di tanah air dan bahkan di luar negeri. Tembang-tembang sholawatnya pun telah beredar luas di dunia maya dan siap untuk diunduh, termasuk NSP (Nada Sambung Pribadi)-nya.
Habib Syech Abdul Qodir juga mendapat pendidikan, dukungan penuh dan perhatian dari Alm. Al-Imam, Al-Arifbillah, Al-Habib Muhammad Anis bin Alwiy Al-Habsyi (Imam Masjid Riyadh dan pemegang magom Al-Habsyi).

Mengenai Albuum Sholawat perdana ini, . Untuk qosidah favorite tentunya Allah-Allah, Antal Amin, dan dauni..


Berikut adalah daftar lagu

01. Allaahu Allaah
02 Ya Waridal Musthofa - Habib Syech
03 Antal Amin - Habib Syech
(robbi Kholaq thoha)
04. Ilaahi Nas'aluka
05 Dauni - Habib Syech
06. Ahlan wasahlan Binnaby
07. Yaa Robbi Yaa AlimulHal
Album Sholawat ke 7 Habib Syech ini berisi audio lantunan qosidah nan merdu. Dilantunkan oleh sang pemilik suara emas, Al-Habib Syeh bin Abdul Qodir Assegaf -- Solo, Seorang ulama nan Munsyid yang kharismatik nan populer dan juga pengasuh majelis Ahbabul Musthafa.


Vol 2 habib syech

01. Yaa Maulidal Musthofa
02. Qod Kafaanii Ilmu Robbi
03. Yaa Robbi Makkah
04. Binafsi Afdii
05 Daunuunii
06 Bijahil Musthofalmuchtar 


Vol 3 habib syech

01. Yaa Latifa Bil 'ibad
02. Yaa Dzaljalaali Wal Ikraam
03. Yaa Robbibil Musthofa
04. Yaa Arhamarrahimiinn.
05. maulana ya maulana.
06. Qod Tamammallahu maqosyidana


Vol 4

01. Yaa Laqolbin
02. Sholawatullohi Taghsya
03. Yaa Sayyidarrasul Yaa Tohir
04. Yaa Rasulalloh Salamun Alaik
05. Lighoiri Jamalikum
06 Busyrolanaa


Vol 5


01. Ya Habib
02. Li Burojuka
03. Ya Alloh Biha
04. Qod tamamaallah (YA HUJROTAN)
05. La ilaha Ilallah
06. Ya 'ala baitin nabi


Vol 6

1.alfa shollalloh
2.Khoirol Bariyah
3.Assalamu 'alaik
4.sholawat badar
5.thola'albadru
6.Khobiri 


Pada volume 7 ini terdapat tujuh lantunan qosidah.


01. sholatun
02. miftahul
03. Ya Hadi
04. allahumma
05. marhaban ya nurol'aini
06. burdah
07. Ya Kaadul 


Vol 8

01. Ya hanana
02. la ilaha illallah
03. Mammada
04. Nurul musthofa
05. Anta nasachoh
06. Ya rosulallah ya ahlal wafa
07. Ya Thoyyibah 


Vol 9

01 - Subhanallah
02 - Alhamdulillah
03 - Annabi Shollu'alaih
04 - Lisaanii
05 - Shollatullah'ala Toha Yamani
06 - Syi'ir Tanpo Waton
07 - Robbi Faj'alna

No comments: